doteko.com place for adding & finding event

    Produk Indonesia Lainnya

sponsor ads

Home » fashion » Kaos Dagadu Djogdja

Kaos Dagadu Djogdja

Written By islamwiki on Friday, July 6, 2012 | 5:11 PM

Tentu kenal dong dengan nama DAGADU! sebuah brand lokal yang telah menjadi bagian dari kota "yang berhati nyaman". Jika Anda berwisata ke kota Yogyakarta, Anda akan bertemu dengan para penjual oleh-oleh khas Jogja dan salah satunya adalah penjual kaos dan cinderamata DAGADU.

Taukah anda bahwa sejarah dagadu sebenarnya berawal dari acara iseng-iseng 25 mahasiswa arsitektur UGM yang telah membidani kelahiran Dagadu Djogja ini, hal itu tak lain karena mereka sama-sama tertarik pada bidang kepariwisataan, perkotaan dan tentu saja rancang grafis.

Awalnya, mereka mendapat tawaran untuk membuka kios kaki lima di Malioboro Mall yang dibuka pada awal tahun 1994. Mereka kemudian berembug dan patungan sesuai kemampuan kantong mahasiswa. Dan dengan modal yang cukup pas-pasan itulah mereka nekat memproduksi cinderamata alternatif Djokdja yang berupa oblong, gantungan kunci, gambar tempel, dan pernak-pernik lainnya.

Pilihan nama Dagadu bermula dari salah seorang di antara mereka yang mengumpat dalam bahasa slang Djokdja : dagadu! (baca: matamu). Umpatan itulah yang memberi inspirasi nama merk dagang produk cinderamata mereka sesaat sebelum mereka berjualan.

Akhirnya, dagadu resmi menjadi merk produk cinderamata alternatif yang dijual di Malioboro Mall ini. Untuk menunjukkan lokalitas dari mana cinderamata itu berasal, ditambahilah kata Djokdja setelah Dagadu. Sementara itu pemakaian ejaan lama pada kata Djokdja dimaksudkan untuk memberi muatan nilai historis kota Jogjakarta.

Sejak awal kelahirannya, Dagadu Djokdja sudah memposisikan diri sebagai produk cinderamata alternatif dari Djokdja. Sebuah cinderamata, tentu saja akan mengeksplorasi semangat dan khasanah budaya lokal. Selain praktis dan ringan sebagai syarat fungsionalnya, cinderamata juga harus menjadi benda kenangan. Dengan kata lain, selalu ada cerita dibaliknya, ada keunikan yang dibawanya.

Djokdja selalu menjadi tema sentral produk Dagadu Djokdja. Everything about Djokdja. Ya tentang artefaknya, bahasanya, kultur kehidupannya, maupun peristiwa keseharian yang terjadi di dalamnya.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 
Support : Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Daftar Produk Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger